Berbeda dengan kebanyakan MPV lain yang menjadikan Jakarta dan kota besar di sekitarnya seperti Depok, Tangerang, Bogor serta Bekasi sebagai ladang penjualan terbesar, Suzuki Ertiga Hybrid Diesel yang merupakan Low MPV hybrid pertama di Indonesia justru lebih laris dibeli oleh konsumen dari luar Jabodetabek.

Mengenai hal ini Suzuki Indomobil Sales berkesimpulan disebabkan variant mild hibrid dari Ertiga itu belum mempunyai model bertransmisi otomatis. Adalah wajar kiranya karena sebagian besar penjualan di wilayah kota besar khususnya Jakarta adalah mobil matic, hal ini dimungkinkan karena kondisi jalan raya yang relatif padat setiap saat yang membuat bagi sebagian orang mengendarai mobil matik terasa lebih mudah.

Seperti dikatakan oleh Donny Saputra yang menjabat sebagai 4 Wheel Marketing Director PT.SIS, ketika ditemui di sela penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2017 Donny mengakui hal itu. “Memang porsi penjualan type ini (Ertiga Hybrid-red) lebih besar di daerah dibanding di Jakarta, kami pun sadar bahwa konsumen di kota besar lebih membutuhkan versi bertransmisi matic” ungkap Donny.

Sang direktur penjualan roda empat SIS itu menambahkan bila terhitung sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Februari 2017 kemarin hingga saat ini pihaknya sudah mendistribusikan sebanyak 951 unit mobil Ertiga hybrid ke dealer resmi mobil Suzuki. Dari jumlah tersebut lebih dari 70 persennya berasal dari luar Jakarta.

Fenomena itu berbanding terbalik dengan penjualan mobil Ertiga bensin dimana setengahnya berasal dari Jabodetabek, hal ini karena variant bensin dari Ertiga mempunyai model bertransmisi matik yang memang sangat disukai konsumen di wilayah kota besar khususnya Jakarta.

SIS Akan Hadirkan Ertiga Hybrid Matik CKD

Bukan tanpa alasan mengapa sampai sekarang SIS belum menghadirkan Ertiga Hybrid Diesel dengan transmisi otomatis ketengah para pelanggannya. Pasalnya Ertiga disel hybrid yang dijual di tanah air masih di datangkan dalam bentuk utuh alias CBU dari India, dan celakanya di negeri asalnya sendiri pun mobil berteknologi SHVS ini juga belum ada versi matiknya.

Mengenai hal tersebut, petinggi SIS lainnya angkat bicara, kali ini Setiawan Surya yang merupakan wakil Davy di divisi 4W Managing Director mengatakan bahwa pihaknya memang masih tergantung pada produksi Maruti di India.

“Di sana (India –red) permintaan untuk Ertiga Diesel matik memang kurang karena mayoritas konsumen disana lebih menykai mobil bertransmisi manual, namun demikian bukan berarti tidak ada kemungkinan mengingat produksi Ertiga di India sangatlah besar yakni mencapai 1,5 juta unit pertahun, dengan demikian kemungkinan diproduksinya variant matik tinggal menyesuaikan demand saja”.

Namun tentunya SIS juga tidak mau sepenuhnya tergantung pada kompatriotnya dari seberang lautan tersebut, apabila memang dibutuhkan terutama bila permintaan konsumen sudah sangat tinggi, Suzuki Indonesia juga siap bila harus memproduksi atau setidaknya merakit secara CKD mobil hybrid pertama Suzuki ini di dalam negeri.

Berita menggembirakan ini disampaikan langsung oleh Donny, masih berbicara pada IIMS 2017, Donny mengatakan bila SIS telah melakukan sejumlah riset dan kajian serta memutuskan untuk memproduksi Ertiga matik hybrid di Indonesia.

Walau sudah diputuskan namun Donny belum mau menyebut tanggal pasti kehadiran Ertiga Hybrid matik, sang 4W Direvtor SIS itu hanya memberi signal bila ajang IIMS dan Gaikindo Indonesia International Auto Show  yang akan berlangsung bulan Agustus mendatang akan dijadikan clue untuk calon andalan barunya tersebut.

Sementara ini SIS masih menimbang beberapa faktor diantaranya demand pasar dan regulasi terkait, untuk teknisnya nanti masih dipelajari apakah mereka akan memproduksi secara keseluruhan Ertiga Hybrid matik ini di Indonesia termasuk lokalisasi produksi mesin ataukah impor dari India.

Untuk faktor non teknis hal yang mesti diperhitungkan oleh Suzuki menyangkut nilai investasi, penyusutan dan hal – hal terkait lainnya yang umumnya mengenai sisi bisnis.

Apapun itu, yang jelas bagi konsumen adalah bagaimana secepatnya mereka bisa mendapatkan varian matic dari mobil Ertiga bermesin mild hybrid diesel tersebut, apalagi bila memang semua produksi sudah dilakukan did alam negeri, kemungkinan besar harga mobil Ertiga hybrid ini akan menjadi lebih terjangkau.

PROMO

Sales Mobil Suzuki

Lokasi Dealer Suzuki